Jakarta (ANTARA) – Perusahaan patungan GAC-Toyota resmi meluncurkan sedan listrik murni bZ7 di Auto Guangzhou 2025.
Dilaporkan Carnewschina pada Jumat waktu setempat, bZ7 secara khusus merupakan model GAC Toyota pertama yang menggunakan kokpit HarmonyOS Huawei dan dilengkapi dengan LiDAR untuk sistem bantuan pengemudi yang canggih.
Diketahui, bZ7 menandai model kedua setelah bZ3X yang sebagian besar dikembangkan oleh tim teknik Toyota China sebagai langkah strategis ke pasar kendaraan energi baru dengan fokus pada fitur-fitur cerdas, khusus untuk pasar Tiongkok.
Sedan berukuran menengah hingga besar ini diperkirakan akan memasuki pasar tahun ini.
Lebih lanjut,bZ7 mengadopsi bahasa desain keluarga terpadu yang juga digunakan pada bZ3X. Kendaraan ini memiliki desain lampu depan terpisah, dengan lampu utama terintegrasi dengan saluran udara di kedua sisinya.
Baca juga: Nissan Teana menjadi kendaraan ICE pertama dengan Huawei HarmonyOS
Desain bemper depan yang diperbesar bertujuan untuk mengurangi koefisien hambatan. Adapun unit sensor LiDAR terpasang di atap.
Dari samping, profil bZ7 yang lebih panjang dipertegas oleh garis pinggang tiga dimensi.
Mobil ini juga memperkenalkan gagang pintu semi-tersembunyi baru dan roda besar.
Dimensi bZ7 adalah panjang 5.130 mm, lebar 1.965 mm, dan tinggi 1.506 mm, dengan jarak sumbu roda 3.020 mm.
Bagian belakang kendaraan ini menampilkan desain dinamis ala coupe, dengan atap panoramik yang memanjang hingga ke jendela belakang dan buntut. Desain ini juga memungkinkan jendela seperempat belakang yang besar.
Bagian belakang menampilkan desain lampu belakang tipe tembus pandang, dilengkapi spoiler dinamis di atas lampu belakang dan saluran udara di kedua sisi bumper belakang.
Baca juga: Lebih dari 8 juta developer dorong pengembangan ekosistem HarmonyOS
Di bagian interior, layar kontrol sentral berukuran besar mendominasi dasbor, mengintegrasikan kokpit Huawei HarmonyOS untuk pertama kalinya pada kendaraan GAC-Toyota.
Sedan bZ7 juga dilengkapi dengan pengenalan wajah, tampilan head-up, dan beberapa speaker di seluruh kabin.
Dalam hal bantuan pengendaraan, bZ7 akan dilengkapi sistem bantuan pengemudi canggih dari Momenta, yang memanfaatkan model besar terintegrasi dan menyeluruh yang mendukung bantuan pengendaraan tingkat tinggi di jalan perkotaan maupun jalan tol.
Di balik kap, bZ7 ditenagai oleh sistem penggerak listrik DriveONE Huawei, yang menghasilkan daya maksimum 207 kW (278 hp).
Mobil ini menggunakan baterai lithium-iron phosphate CALB, yang memungkinkan kecepatan tertinggi 180 km/jam.
Menurut dokumen regulasi, GAC Toyota bZ7 akan menawarkan dua pilihan baterai yakni 88,13 kWh dan 71,35 kWh.
Secara detail, baterai 88,13 kWh menyediakan pilihan jangkauan CLTC 680 kilometer, 700 kilometer, dan 710 kilometer.
Sedangkan baterai 71,35 kWh menawarkan jangkauan listrik murni 600 kilometer.
Baca juga: Lebih dari 900 juta perangkat beroperasi dengan HarmonyOS milik Huawei
Baca juga: Huawei Ajak Pengembang Ciptakan Native Apps untuk HarmonyOS
Baca juga: Huawei laporkan jumlah pengguna HarmonyOS 4 tembus 60 juta
Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Mahmudah
Copyright © ANTARA 2025











